rievky ardica blog

Icon

thinking smart….

Sejarah Perjalanan L’Arc~en~Ciel

L’Arc~en~Ciel terbentuk diawali oleh seorang anak muda bernama Tetsu yang berkeinginan membentuk sebuah group band. Ia berkeinginan membentuk sebuah band karena pada saat itu band sedang populer-populernya atau sedang  membooming. Saat kecil Tetsu sering bermain musik dengan Ken (teman masa kecil tetsu) setelah pulang sekolah (sejak kecil tetsu sudah memegang permainan bass).
Sekitar tahun 1991 Tetsu bersama temannya Hiro membentuk sebuah group band dengan Tetsu memegang bass dan Hiro memegang gitar. Pada suatu kesempatan Tetsu melihat sebuah penampilan band bernama Jerusalem Rod dengan Hyde sebagai gitar dan Pero yang seorang drum. Saat melihat penampilannya, Tetsu terpikat dengan Hyde dengan mengajaknya bergabung kedalam bandnya sebagai vokalis (pada saat itu Tetsu sebenernya ingin merangkap sebagai vokalis tetapi setelah melihat penampilan Hyde ia mengurungkan niatnya). Hyde pun setuju walaupun sebenarnya pada saat itu ia lebih memilih ingin menjadi seorang gitaris tetapi dengan kehebatan Tetsu ia pun menerima tawaran itu asalkan Pero ia boleh membawa Pero. Ketika itu, mereka melakukan session di Sub-Rock dan kemudian mereka setuju membentuk group band. Dan terbentuklah L’Arc~en~Ciel di Osaka pada Februari 1991 dengan formasi awal tetsu [bass], hyde [vokal], hiro [gitar] dan pero [drum]. Tetsu memilih nama L’Arc~en~Ciel yang dia angkat dari sebuah judul film Perancis (artinya pelangi) yang dia tonton. Hanya karena nama itu kedengaran keren dan bagus saja …^,^.
Tiga bulan kemudian mereka mengadakan LIVE pertamanya di Nanba Rockets pada 30 Mei 1991. Karena corak musiknya yang unik dan berkarakter, mereka pun dengan cepat mengumpulkan banyak fans sehingga mereka makin sibuk manggung di daerah Osaka dan sekitarnya. Mereka bahkan sempat merekam video L’Arc~en~Ciel yang berisikan rekaman LIVE mereka di Nanba Rockets. Video ini terdiri dari 2 lagu, Claustrophobia dan I’m in pain.
Di tengah kesibukan dan padatnya jadwal mereka Hiro gitaris mereka meninggalkan L’Arc~en~Ciel tanpa alasan yang pasti pada tanggal 12 Juni 1991. Mereka pun kebingungan karena mereka membutuhkan seorang gitaris untuk bisa terus manggung dan melakukan proses recording lagu indie pertama mereka. Disaat genting tersebut Tetsu kemudian teringat akan teman masa kecilnya yaitu Ken. Ia pun mencoba dengan segala cara agar Ken mau bergabung ke dalam group bandnya dimana saat itu Ken sedang menyelesaikan kuliahnya di Universitas Nagoya jurusan teknik arsitektur. Setelah menerima tawaran Tetsu Ken hanya memiliki waktu 3 hari untuk cabut dari kuliahnya dan bergabung dengan L’Arc~en~Ciel (pada saat itu orang tua Ken marah minta ampun karena Ken telah meninggalkan pendidikan kuliahnya hanya untuk sebuah band dan konon mereka tidak saling bicara sampai pada saat ini ….~,~).
Bulan Oktober di tahun yang sama, pertama kalinya mereka merekam lagu “Voice” untuk CD Omnibus Gimmick. Bulan November 1992, single pertama L`Arc~en~Ciel dengan judul Floods of Tears dirilis. Single tersebut hanya dibuat 1000 buah dan menjadi barang yang jadi rebutan saat ini. Bagaimana tidak jadi rebutan, single yang saat itu hanya dijual 971 Yen saat ini bisa dijual dengan harga diatas 60.000 Yen. Tapi ternyata jalan mereka belum terlalu beruntung. Pada 30 Desember 1992, setelah LIVE di Osaka Music Hall, Pero ikut hengkang. Sekali lagi, Laruku kelabakan dan sekali lagi Tetsu berusaha mencari pengganti salah satu group bandnya. Untungnya, Tetsu melihat seorang drummer jempolan bernama Sakura di sebuah live house di Tokyo. Tetsu yang kagum akan permainan Sakura langsung mengajaknya bergabung, padahal mereka belum saling mengenal (apalagi mengingat jarak antara Osaka dan Tokyo yang cukup jauh). Sakura yang penasaran dengan Laruku akhirnya pergi ke Osaka untuk melihat band tersebut. Akhirnya pada 16 Januari 1993, Sakura resmi bergabung dengan Laruku.
Album pertama akhirnya keluar juga. Dune dirilis pada 27 April 1993 dan kemudian menduduki peringkat pertama Oricon Indies. Mereka langsung mengadakan tour pertama L`Arc~en~Ciel – Close By Dune. Bulan September, L`Arc~en~Ciel memutuskan untuk pindah ke Tokyo karena lelah mondar-mandir Osaka-Tokyo untuk konser, naik mobil yang semuanya payah dalam menyetir mobil (pada saat itu Hyde kurang setuju dengan kepindahan mereka tersebut..?,?//).
Sekitar tahun 1994, mereka  meninggalkan label indie dan bergabung dengan Ki/oon Record (anak perusahaan Sony). Bersama Ki/oon, mereka merilis single video Nemuri ni Yosete pada tanggal 1 Juli, sementara album Tierra dirilis sekitar 2 minggu kemudian, sekaligus mengawali tur Sense of Time ‘94. Pada 9-20 September, mereka berkunjung ke Maroko untuk rekaman video SIESTA, yang kemudian dirilis 1 Desember. Sementara single pertama mereka bersama Ki/oon, Blurry Eyes dirilis 21 Oktober. Single ini menjadi OST dari anime DNA2.
Sekitar 1996 merupakan salah satu tahun tersibuk L’Arc~en~Ciel,namun sayang setahun kemudian drummer mereka Sakura terlibat kasus kepemilikan obat-obatan terlarang (narkoba) kemudian ia pun ditahan polisi. Hal ini merupakan pukulan yang berat bagi L’Arc~en~Ciel dan fansnya. Imbasnya adalah dibatalkannya single berikutnya The Fourth Avenue Cafe yang akan dirilis saat itu. Segala aktifitas mereka langsung terhenti total selama 5 bulan. Akan tetapi Laruku memutuskan untuk terus jalan walaupun kini mereka hanya bertiga. Sakura akhirnya  di jatuhi hukuman penjara selama 2 tahun dan ia resmi meninggalkan Laruku pada 4 Nov ‘97.
Sekali lagi sang leader Tetsu pun beraksi dengan mencari pengganti Sakura dan ia lalu melihat Yukihiro yang merupakan mantan drummer DIE IN CRIES. Tetsu pun tertarik dengan permainan drumnya dan mernurut kabar burung Tetsu dan Yuki berkenalan lewat game robot (evanglion), pada waktu itu Tetsu bertanya tentang cara bermain game tersebut pada Yukihiro sambil menjelaskan bahwa tentang masalah bandnya dimana saat itu bandnya membutuhkan seorang drumer, Yukipun dengan senang hati menerima tawaran untuk membantu sebagai additional player dan Laruku mulai aktif kembali pada 27 Agustus 1997. Kemudian mereka mengeluarkan singgle pertama, Niji yang dirilis pada 17 Oktober. Reincarnation Live ‘97 di Tokyo Dome menandai kembalinya kesuksesan Laruku. LIVE ini bahkan memecahkan rekor penjualan tiket di Tokyo Dome. Dengan hanya 4 menit, 56.000 lembar tiket langsung terjual habis.
Pada 1 Januari 1998 Yukihiro secara resmi bergabung dengan Laruku. Masuknya Yukihiro membawa angin segar pada corak permainan musik Laruku. Single demi single yang dirilis menjadi hits seperti Winterfall, Dive to Blue dan Honey yang terjual 1 juta kopi. Pada awal Juli 1999 L`Arc~en~Ciel yang juga dikenal sebagai Laruku mengeluarkan 2 album sekaligus, Ark dan Ray dan terjual lebih dari 500 juta kopi. Di tahun 1999 juga Laruku mengadakan konser nasionalnya yang pertama, Grand Cross Tour 99. Selesai Tour itu, mereka tur promo ke Hong Kong, Taiwan dan Thailand pada September 1999.

Laruku menyambut millennium baru dengan merilis double side single NEO UNIVERSE/finale dan situs LArc-en-Ciel.com. Menyambut 10 tahun eksistensi mereka di dunia musik, pada 2001 mereka memutuskan untuk vakum untuk sementara waktu dan masing-masing personil memulai proyek solo karir. Praktis, setelah single Spirit dreams inside -another dream-, Laruku tidak mempunyai kegiatan apa-apa lagi. Mereka lalu berkonsentrasi penuh pada solo karir. Tetsu sebagai TETSU69 memulai dengan single wonderful world/tightrope, lalu menyusul Hyde dengan single evergreen . Yukihiro tak mau ketinggalan dan membentuk band Acid Android yang membawakan lagu bercorak rock-industrial. Akhirnya ken membentuk Sons of all Pussys (S.O.A.P) dimana ia reuni dengan Sakura.
Hingga 2003, para fans mulai khawatir dengan gosip akan bubarnya Laruku. Apalagi dengan dirilisnya trilogi album The Best, membuat hati fans makin menjadi-jadi. Namun Laruku menampik gosip tersebut dengan konser Shibuya Seven Days 2003 dan memulai kembali aktivitas mereka sebagai band dengan dirilisnya single READY STEADY GO.
Album SMILE kemudian menebar senyuman di kalangan fans. Mereka lalu berkesempatan mengadakan konser pertamanya di Amerika dalam acara OTAKON 2004 yang disaksikan penonton sekitar 12.000 orang. Di tahun 2005 mereka mengeluarkan album Awake yang membawa mereka melakukan tour Asia Live 2005. Setelah melakukan perjalanan tour mereka, perhatianpara personilnya pun kembali pada solo karir.
Pada tanggal 25 dan 26 November 2006, L’Arc-en-Ciel menggelar dua konser di Tokyo Dome, untuk merayakan ulang tahun mereka ke 15. Berjudul L’Anniversary. Tiket tersebut terjual hanya dalam kurun waktu 2 menit , mengalahkan rekor penjualan tiket mereka sebelumnya.Sebuah jajak pendapat telah dibuat pada website resmi selama seminggu sebelum konser yang mengizinkan para fans untuk memilih lagu yang mereka ingin dengar di acara itu.Konser tersebut kemudian ditampilkan pada saluran WOWOW pada 23 Desember 2006. Dan juga disiarkan pada 8 Februari 2007 di MTV Korea.
Laruku kemudian merekam sebuah lagu baru “Shine” yang digunakan sebagai lagu pembuka untuk anime Guardian of the Spirits. Pada tanggal 30 Mei 2007 mereka merilis single seventh heaven yang langsung menempati posisi teratas di Oricon charts. My Heart Draws A Dream yang digunakan dalam iklan mobil subaru dirilis pada tanggal 29 Augustus 2007 singgle tersebut pun juga langsung menempati posisi teratas di Oricon charts. Daybreak’s Bell yang dirilis pada 10 Oktober 2007,digunakan sebagai Soundtrack pembuka untuk anime Mobile Suit Gundam 00.dan kembali menduduki peringkat teratas dalam Oricon Charts.
Sejak dari 14 November ke 25 Desember 2007, dirilislah Hurry Xmas, bersamaan dengan dua DVD baru yang keluar pada bulan September dan Desember, yang berjudul 15th L’Anniversary Live and Chronicle 3 respectively.Album terbaru mereka Kiss, dirilis pada 21 November 2007, menduduki tangga lagu pertama di posisi nomor satu di Oricon chart.
L’Arc~en~Ciel mengadakan tur yang bernama “Theater of Kiss Tour”.yang diselenggarakan pada 22 Desember 2007 sampai 17 Februari 2008.lagu Drink it Down,digunakan sebagai lagu pembuka versi Jepang untuk game PS3/Xbox 360 Devil May Cry 4.telah dirilis sebagai single pada 2 April 2008, dan menduduki tempat teratas di Oricon weekly charts.
Sekitar bulan Agustus tepatnya tanggal 27 tahun 2008 Laruku kembali mengeluarkan singgle mereka Nexus 4 yang digunakan dalam iklan subaru ligacy. Tanggal 31 Mei  singgle Drink It down pun direlease. Dan pada tur asia via paris Laruku mengumumkan bahwa mereka akan hiatus dahulu sampai pada tahun 2011 ..(T,T)

Filed under: L'Arc~en~Ciel, , , , ,

3 Responses

  1. Anonymous says:

    HYDE BEKERJASAMA DG L.A.Z JADI “VAMPS”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Share This Blog

Share |

dicahideto profil

Your Specification

IP

Test Your Speed

Test your Internet connection speed at Speedtest.net

Translate Language

           

Share This Blog…

Share |
%d bloggers like this: