rievky ardica blog

Icon

thinking smart….

Cara Menjaga Keamanan Windows XP Kita…

Apa sistem operasi komputer kita sudah terjaga dengan baik…?
mungkin kita sudah berpikir komputer kita sudah terjaga dengan baik dari serangan virus hanya dengan memakai sebuah aplikasi seperti anti virus.. tetapi dengan anti virus tersebut apa komputer kita benar-benar aman dan terjamin dari serbuan serdadu virus.

Seperti yang anda sekalian tahu bahwasannya antivirus selalu meminta update terbaru untuk menditeksi keluaran produk terbaru virus (he…he..he), jika suatu waktu kita lupa atau teledor dalam mengupdate antivirus dapat mengakibatkan kemanan komputer kita menjadi rapuh sehingga lemah terhadap gempuran virus <-,!>. Hal ini dapat berakibat pada kerusakan sistem operasi komputer kita dan ujung-ujungnya kita harus “instal ulang sistem operasi” komputer kita untuk mengobatinya.

Seperti yang kalian tahu instal ulang sistem operasi membutuhkan waktu yang lama dan bersifat membosankan (kalo gw sich merasa begitu) dan setalah instal OS kita pun harus menginstal aplikasi-aplikasi yang dibutuhkan seperti adobe, game, microsoft office dll (fuih…).

Oleh karena itu, pada kesempatan ini ada beberapa tips simple yang perlu kalian tahu dan harus kalian lakukan (g maksa sich bagi yang sadar aja…) untuk menjaga keamanan komputer kita :

1. Pangkas/matikan fungsi “autorun”

Caranya pertama buka gpedit melalui : klik start > run > tulis gpedit.msc > klik ok
lalu klik computer configuration > administrative template > system (lalu cari turn off autoplay) > klik 2 kali > lalu rubah dari disable ke enable.

2. Scan flash disk

Scanlah flashdisk anda atau alien ( flashdish teman atau orang asing ) setiap terkoneksi ke komputer anda.
Janganlah percaya jika mereka bilang flashdish mereka tidak terdapat virus ( biasanya embel-embel biar dia cepet ngopinya…he..he.. yang merasa jangan tensi ya!).

3. Lakukan backup menggunakan aplikasi sejenis ghost

Hal ini dapat meringankan anda dalam menghindari kegiatan instal ulang sistem operasi. Sebenarnya menggunakan ghost sama dengan instal ulang komputer, tetapi lebih cepat dan simple karena memungkinkan anda untuk membackup aplikasi-aplikasi yang diinstalkan, sehingga tidak perlu diinstal kembali.

4. Buat system restore pada komputer kita

Kegiatan ini lebih simple dari pada membackup sistem operasi. Bagaimana caranya sich…???
Berikut caranya saya jelaskan :
a. setelah instal ulang sistem operasi, buat sebuat restore point. langkahnya:
klik start > all program > accessoris > system tools > system restore
b. klik create a restore poin lalu klik next
c. buat nama restore point dan klik create

5. Perhatikan tempat menyimpan data

jangan dibiasakan menyimpan di drive C tetapi biasakanlah menyimpan data-data anda di drive lain seperti D, E, F dll tergantung seberapa banyak anda mempartisi hardish anda karena jika sewaktu-waktu anda menginstal ulang komputer data-data anda tetap aman.

6. Update antivirus

Jangan lupa seperti yang saya jelaskan diatas jangan sampai kita terlambat dalam mengupdate antivirus kita karena dengan berjalannya waktu virus-virus baru selalu bermunculan
dan jika kita mengupdate antivirus mungkin virus kita bisa mengenali virus-virus baru tersebut.

7. Kenali file application yang dianggap aneh

Tindakan ini dilakukan dengan tujuan agar file application tersebut tidak kita jalankan. Karena proses penyebaran virus dilakukan melalui file-file jenis ini. Infeksi dapat terjadi setelah file-file tersebut dijalankan. Hal ini dapat terjadi jika antivirus anda tidak mengenali virus dengan jenis tertentu. Bisa jadi karena belum meng-Update antivirus. Maka perhatikanlah poin ini.

sekian saran-saran yang perlu kalian perhatikan…
kalo bisa ya dijalanin lah hitung-hitung gw dah cape ngetik… ^,^ wkwkwkw

Filed under: komputer, tutorial, , ,

3 Responses

  1. iwan sunarya says:

    terima kasih atas informasinya, biar saya coba in dulu pada PC saya

  2. dhomy says:

    cara mendisable file-file video gimana? mohon bantuan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Share This Blog

Share |

dicahideto profil

Your Specification

IP

Test Your Speed

Test your Internet connection speed at Speedtest.net

Translate Language

           

Share This Blog…

Share |
%d bloggers like this: