rievky ardica blog

Icon

thinking smart….

Tips dan Saran dalam Membeli Laptop

Sekarang ini laptop sepertinya telah menjadi suatu kebutuhan hidup (ke’nya sich…). Kita akan banyak menjumpai beragam tipe laptop di pasaran, dari mulai yang standard tipe tablet pc, mini laptop atau notebook. Tetapi di sisi lain kita sebagai konsumen akan semakin diuntungkan karena pilihan laptop semakin banyak, tetapi juga akan semakin dirugikan (gak konsisten….^-@) karena akan membuat kita bingung dalam menentukan pilihan. Berikut ini beberapa saran yang patut anda dengarkan, pahami dan dijadikan pegangan hidup sebelum membeli laptop :

  1. Cermat dalam Pemilihan Hardware
    Sebelum membeli anda harus menyimpulkan seberapa cepatkan system laptop yang anda harapkan. Karena jika anda salah perhitungan maka anda yang terlanjur beli tidak dapat mengganti bagian dalam isi laptop (emang praktisan desktop…). Anda harus memikirkan tentang komponen-komponen yang terpasang seperti motherboard, processor, RAM, slot yang ada baik itu add on atau on board dan fasilitas yang dimiliki. Maka wajib bagi anda untuk memikirkan spek laptop sesuai kebutuhan program yang bakal dijalankan.
  2. Tentukan Tujuan Penggunaan Laptop
    Sebelum membeli laptop anda harus memutuskan laptop itu akan dipakai untuk game, kuliah, kerja, browsing internet, atau diberikan kepada anak, saudara, orang tua, kakek, nenek atau tetangga….???
    Misalnya saja anda beli laptop untuk sekedar bermain game maka kalian membutuhkan kartu grafis dengan kapasitas yang memadai tetapi jika hanya untuk ngenet, kerjaan kantor maka kalian seharusnya beli dengan kartu grafis yang standar atau biasa-biasa saja.
  3. Processor
    Seperti anda tahu (bagi yang sudah tahu) bahwa processor itu akan menetukan kecepatan pemrosesan system komputer ketika anda mengakses program. Saran saya sich paling tidak ambil yang processor dual core, core 2 duo, atau AMD X2.
  4. RAM (Memori)
    RAM adalah perangkat yang akan menyimpan data sementara dari program yang sedang berjalan. Semakin besar kapasitas RAM maka akan semakin banyak program yang bisa anda jalankan secara bersamaan. Disamping itu RAM dengan kapasitas besar dibutuhkan untuk menjalankan program yang berat seperti pengolahan grafis dan video. Paling tidak kalian tu harus memiliki RAM dengan kapasitas 1GB atau diatasnya. Masa jaman sekarang masih pake yang 256MB mau njalanin program apa coba…??
  5. Hardisk
    Hardisk adalah media penyimpanan data atau file video, gambar, dokumen , musik, dll. Semakin besar kapasitas penyimpanan yang dimiliki maka semakin banyak file yang dapat kita simpan. Jaman sekarang hdd cuma 10 Gb buat nyimpen apa coba??
  6. Garansi
    Ini wajib lho! Perhatikan garansi yang dimiliki laptop sebelum membeli nya, Anda mungkin harus tanya sampai si karyawan toko jengkel apakah laptop itu garansi resmi atau toko.
  7. LCD (layar)
    Hal ini sangat berlaku untuk barang bekas. Cek apakah ada dot yang mengganggu tampilan di layar. Jika masih baru biasanya tampilan layar yang putih akan terlihat putih sekali, sedangkan yang agak lama menjadi putih kekuningan
  8. Baterai
    Perhatikan batrai. Biasanya batrai hanya dapat bertahan untuk 1 sd 2 jam pemakaian, kecuali untuk laptop yang memiliki kemampuan batrai yang memang tahan lama.

sekian, semoga tulisan ini dimanfaatkan anda dengan benar…he…he….he..



Filed under: informasi teknologi, , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Share This Blog

Share |

dicahideto profil

Your Specification

IP

Test Your Speed

Test your Internet connection speed at Speedtest.net

Translate Language

           

Share This Blog…

Share |
%d bloggers like this: