rievky ardica blog

Icon

thinking smart….

Teknologi Intel Turbo Boost & Manfaatnya Dalam Meningkatkan kinerja Aplikasi Komputer

OK…perasaan postingan dari dulu ok..ok mulu…😆 Kemarin saya bingung apa itu turbobooster tubroboost yang ada di core i5.. “masa anak komputer kaga tau sich :mad:  ” begitulah pasti yang akan didapatkan dari orang-orang sekitar jika di kasih pertanyaan begitu:mrgreen: .. saya juga baru dapet kemaren pernyataan seperti itu…🙄 berikut penjelasannya tentang TurboBoost :

Apa itu Intel Turbo Boost Technology…..❓ ?  Intel Turbo Boost Technology adalah teknologi yang secara otomatis memungkinkan setiap core pada prosesor berbasis Nehalem untuk berjalan pada clock yang lebih tinggi dari spesifikasi apabila kita menjalankan program aplikasi single-threading sehingga kinerja yang dicapai sama baiknya dengan aplikasi yang telah multithreading.

Apa itu Paralel Computing….? Memasukkan 2 processor dalam 1 keping ( supaya bias menjalankan instruksi / clock cycle lebih tinggi ) Apa itu Simultaneous Multi-threading (Hyper-threading) technology? SMT atau Hyper-threading adalah teknologi yang memungkinkan setiap core pada prosesor berbasis Nehalem ini untuk dapat memproses 2-thread instruction sekaligus secara simultan. Jadi dapat meningkatkan kinerja aplikasi dan multi-tasking.

Dalam event CES 2010, Intel merilis lebih dari satu lusin processor baru masih dalam rangka menyukseskan tipe family Core, termasuk chip processor i3, i5 dan i7. Chip Intel Core yang ce teknologi Intel Arrandale dan Clarkdale tersebut merupakan processor dengan proses manufaktur 32nm pertama dari Intel. Intel memperkenalkan 4 Core i3, 8 Core i5 dan 7 buah chip Core i7, yang kesemuanya memiliki tekenologi Hyper-Threading untuk proses multitasking. Processor Intel Core baru tersebut didesain untk desktop, mobile computing, dan device lainnya.

Processor Core i5 dan i7 dilengkapi dengan teknologi Turbo Boost untuk performance prima, karena Turbo Boost didesain untuk secara otomatis memberikan akselerasi performance dan menyediakan dukungan ekstra performance ketika dibutuhkan. Sedangkan untuk processor pemula Core i3 tidak dilengkapi teknologi Turbo Boost, namun menyediakan support grafis HD (High Definition) yang dibangun di dalam processor. Intel mengungkapkan, bahwa kini sudah tidak dibutuhkan lagi tambahan grafis baik untuk desktop ataupun laptop yang memiliki processor Core i3. Intel menyiapkan 2 processor Core i3 dan 2 untuk komputer mobile dengan kecepatan clock antara 2.13GHz dan 3.06GHz. Lain halnya dengan Core i5 yang hadir dengan variasi style dan kecepatan baik untuk laptop maupun desktop. Fitur processor mobile i5-540M misalnya dapat meraih top speed 2.53GHz, dan 3.06MHz dengan Turbo Boost. Kebanyakan processor Core i5 adalah chip ULV (Ultra Low Voltage), ungkap Intel. Sedangkan seperti Core i7-620UM memiliki clock speed 1.06GHz, dan dapat mencapai 2.13GHz dengan Turbo Boost. Processor Intel Core i7 adalah yang paling mahal dan menjadi top line dari seluruh family Core terbaru Intel, yang dibandrol dengan harga $332, sedangkan i5 hanya $113.

NB: Kalau Over Clock manual, Turbo Boost tidak berjalan dan sekaligus menonaktifkan Power Management di Mother Board. Karena Turbo Boost membutuhkan Fitur Power Management.

(saya dapatkan info ini dari kaskus) 😎 ……

Filed under: informasi teknologi, , , , , , ,

2 Responses

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Share This Blog

Share |

dicahideto profil

Your Specification

IP

Test Your Speed

Test your Internet connection speed at Speedtest.net

Translate Language

           

Share This Blog…

Share |
%d bloggers like this: