rievky ardica blog

Icon

thinking smart….

Model – Model Warna dalam Photoshop

Warna merupakan unsur utama dalam sebuah image yang menentukan keindahan gambar😎 . Warna dan perwarnaan dalam Photoshop kira – kira seri 7.0 dikenal dengan istilah mode dan model warna. Model-model warna yang digunakan dalam Photoshop untuk kepentingan tampilan / display di monitor atau pada proses pencetakan adalah sebagai berikut :

  1. RGB (Red, Green, Blue)

Model

RGB memiliki tiga warna dasar, yaitu merah, hijau, dan biru. Untuk mendapatkan warna lain, dapat dilakukan dengan proses pencampuran warna dasar. Oleh karena itu RGB disebut jug Additive Color. Sebagai contohnya saja, untuk mendapatkan warna semisal putih maka terlebih dahulu dilakukan proses pencampuran warna merah, biru dan hijau

Mode

Dalam pengaturan warna RGB digunakan skala 0 (paling rendah) sampai 255 (tertinggi). Untuk mendapatkan warna yang sesuai dengan keinginan, harus mencampurkan warna-warna dasar dengan komposisi yang benar. Jika nilai masing-masing R-G-B sama, maka akan didapat warna abu-abu. Jika masing-masing warna R-G-B diset pada nilai 255 (tertinggi), maka warna yang akan didapat warna putih. Jika masing-masing warna R-G-B diset pada nilai 0 (terendah), maka didapat warna hitam

2.   CMYK (Cyan, Magenta, Yellow, Black)

Model

Pemodelan warna CMYK didasarkan pada teknik pencetakan pada kertas yang dikenal dengan Separation Printing, yakni pada kualitas penyerapan cahaya dari tinta yang dicetak pada kertas. Misalkan contohnya, warna putih akan menyebabkan tinta menjadi tembus pandang.

Mode

Jika pada RGB mode perwarnaan menggunakan skala 0-255, CMYK menggunakan persentase. Warna putih dipresentasikan oleh nilai 0%, sedangkan warna hitam oleh nilai 100%

3.   Bitmap Mode

Mode ini menggunakan satu dari dua nilai warna yaitu hitam dan putih, untuk mempresentasikan pixel ke dalam image. Oleh sebab itu, mode ini disebut juga Bitmapped 1-bit.

4.   Grayscale Mode

Mode ini menggunakan lebih dari 256 bayangan abu-abu. Setiap pixel dalam sebuah image dengan mode grayscale mempunyai nilai kecerahan (britgness) dengan range 0 (hitam) – 255 (putih). Nilai grayscle juga dapat menggunakan presentase. 0% = putih dan 100% = hitam.

5.   Doutone Mode

Mode ini menggunakan 256 warna pada saat dikonversi menjadi indeks hitam.

6.   Multichannel Mode

Mode ini menggunakan 256 level dari abu-abu pada tiap channel. Image dengan mode ini sangatlah berguna pada pencetaka khusus, misalnya mengkonversi duotone untuk pencetakan dalam format Scitex CT.

Filed under: komputer, tutorial, , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Share This Blog

Share |

dicahideto profil

Your Specification

IP

Test Your Speed

Test your Internet connection speed at Speedtest.net

Translate Language

           

Share This Blog…

Share |
%d bloggers like this: